Cara Penulisan Esay

Struktur sebuah esay terdiri dari 3 tiga bagian:

1. Pengantar/Pengenalan (5% dari total essay)
Biasanya 1 - 2 paragraf yang berisikan satu atau lebih hal-hal berikut ini: definisi masalah, pembatasan asumsi, istilah-istilah teknis yang digunakan dan tujuan penulisan, yang bisa menjelaskan secara seksama sebuah dalil yang kita ungkapkan.

2. Pembahasan/Argumentasi (85%-90% dari total esay)
Bagian utama dari sebuah esay yang ditujukan untuk mengungkapkan bukti-bukti dalam bentuk: (a) logika penalaran pribadi, (b) teori-teori yang ada, atau (c) secara empiris melalui penelitian, yang relevan dengan masalah yang kita bahas. Dalam bagian ini kita memerlukan contoh-contoh, logika, teori, hasil penelitian yang masuk akal dan relevan dengan pernyataan-pernyataan yang tegas.
Lebih baik lagi seandainya kita menyisipkan teknik devil's advocate atau kontra argumentasi dalam setiap pernyataan-pernyataan yang kita buat sehingga esay kita menjadi sulit untuk diserang.
Dalam hal ini kita juga perlu mengumpulkan banyak bacaan dari topik yang dibahas dengan tentunya harus mencantumkan referensi-referensi. Hindari plagiarisme!
Seandainya kita tidak bisa mendapatkan contoh-contoh dari teori, media, internet atau sumber-sumber yang lain, masukkan contoh-contoh dari pengalaman pribadi atau contoh praktis.

3. Penuntup/Kesimpulan (5%-10% dari total esay)
Panjangnya penutup atau kesimpulan tergantung dari bagaimana kita menjawab pertanyaan-pertanyaan yang kita ungkapan dalam bagian definisi masalah pada bagian pembukaan. Jawaban-jawaban ini sebenarnya berkaitan dengan bukti-bukti yang kita bahas pada bagian argumentasi/pembahasan yang masih dalam kerangka tujuan penulisan. Lebih baik lagi, kalau ada penekanan terhadap argumentasi yang paling kuat yang paling dikuasai pada bagian pembahasan.

(dari berbagai sumber - boleh ditanyakan)

2 comments:

Anonymous Wednesday, 17 August, 2005  

mas saya berencana ingin ikut lomba menulis esay yang akan diadakan oleh kedutaan besar korea dengan departemen pendidikan indonesi,tetapi terus terang saya belum mengetahui bagai mana cara menulis esay yang baik melalui imail ini saya ingin meminta tolong kepada mas untuk memberitahu cara2 menulis yang baik.MOHON BIMBINGANNYA MAS.dari(DENIS KURNIAWAN) 

Posted by DENISKURNIAWAN

chiolive Natejy Wednesday, 04 January, 2012  

ijin kopas yuah...

Post a Comment

Powered by Blogger.